Jumat, 18 September 2020

TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER


 

PERTEMUAN 7

 

A.     KOMPETENSI DASAR

3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga atau memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

4.3  Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan atau tulis.

 

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks iklan, slogan, atau poster, siswa mampu

1.   Menganalisis ciri kebahasaan pada teks iklan, slogan dan poster baik yang dilihat atau didengar dengan tanggung jawab.

 

C.      MATERI

CIRI KEBAHASAAN PADA TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Baik iklan, slogan, maupun poster menggunakan bahasa yang menarik agar mampu menyampaikan informasi dengan baik dan bisa menarik perhatian khalayak. Bahasa yang digunakan juga singkat dan jelas. Dalam teks iklan, slogan, dan poster, kalimat-kalimat yang digunakan dibedakan menjadi empat sebagai berikut.

1.      Kalimat persuasif

Teks iklan, slogan, maupun poster dibuat dengan harapan mendapatkan tanggapan berupa tindakan dari masyarakat. Untuk itu, kalimat-kalimat yang digunakan hendaknya bersifat persuasif, yaitu membujuk, mendorong, atau memengaruhi.

Contoh:

Mari kita 

2.      Kalimat imperatif

Kalimat imperatif disebut juga dengan kalimat perintah. Kalimat imperatif ini berupa permintaan, ajakan, dorongan, atau larangan. Kalimat ini berpola intonasi perintah yang ditandai dengan kata seru (!). Contohnya yaitu kata ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah, dan sebagainya.

Contoh:

a.       Buanglah sampah pada tempatnya! (perintah)

b.      Jangan membuang sampah sembarangan! (larangan)

c.       Ayo, budayakan membaca buku!

3.      Menggunakan kata yang berima

Menggunakan pilihan kata yang berima dan memiliki persamaan  bunyi merupakan salah satu hal penting. Persamaan bunyi ini akan membuat kalimat di dalam teks iklan, slogan, maupun poster lebih menarik dan mudah diingat oleh khalayak.

Contoh:

Mari bersatu, Indonesia maju (persamaan bunyi)

Bebas sampah, bebas penyakit (persamaan kata)

4.      Berkesan positif

Kalimat-kalimat yang digunakan saat menawarkan produk atau jasa dalam teks iklan, maupun ajakan dalam teks slogan dan poster hendaknya mengandung kesan yang baik atau positif. Misal dengan tidak merendahkan atau menghina produk/jasa lain.

5.      Ringkas

Kalimat kalimat dalam teks iklan, slogan, maupun poster menggunakan kalimat yang sederhana, tidak berbelit-belit, mudah diingat dan dipahami.






SEMANGAT 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...