Rabu, 02 September 2020

TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER


PERTEMUAN 5

A.     KOMPETENSI DASAR

3.3  Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga atau memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

4.3  Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga atau memotivasi) dari berbagai sumber.

 

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks iklan, slogan, atau poster, siswa mampu

1.      menjelaskan pengertian, ciri, dan fungsi iklan, slogan, atau poster

2.      mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan, atau poster

3.      menemukan Informasi penting dalam iklan, slogan, atau poster

4.      menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster yang dibaca atau didengar.

 

C.      MATERI

1.     PENGERTIAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

a.      IKLAN

1)    Pengertian Iklan

Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai iklan, slogan, dan poster. Iklan merupakan salah satu media informasi yang digunakan untuk membujuk atau mendorong masyarakat agar tertarik pada barang dan atau jasa yang ditawarkan. Jenis media yang digunakan antara lain media cetak dan media elektronik, seperti koran, majalah, televisi, radio, handphone, internet, poster dan lain sebagainya.

Iklan tidak hanya berhubungan dengan penawaran barang atau jasa. Iklan memiliki beberapa fungsi lainnya.

a)     Sarana informasi

Iklan berfungsi menyampaikan produk baru atau ciri produk yang diiklankan. Informasi pada iklan disampaikan dengan media gambar, kata, kalimat, atau suara.

b)     Persuasi atau memengaruhi

Iklan berfungsi mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Fungsi ini dapat dilihat dari bahasa yang bersifat persuasif (memengaruhi).

c)      Sebagai reminder atau pengingat

Iklan  berfungsi mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu mengunakan produk tersebut. Pada iklan penerangan, iklan bertujuan mengingatkan khalayak untuk mengingat dan melakukan program-program yang ditawarkan oleh suatu instansi.

 

2)    Ciri Iklan

Iklan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan teks yang lain. Ciri tersebut sebagai berikut.

a)     Iklan bersifat informatif dan komunikatif

b)     Iklan disusun secara objektif dan jujur

c)      Iklan ditulis dengan singkat, jelas, dan mudah dipahami

d)     Iklan tidak menyinggung pihak lain

e)     Iklan menarik perhatian khalayak.

 

b.     SLOGAN

1)    Pengertian Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat oleh orang yang membaca atau mendengarnya. Slogan ini biasanya digunakan sebagai tuntunan oleh seseorang, golongan atau organisasi. Slogan sering pula disebut dengan moto atau semboyan.

2)    Ciri Slogan

Slogan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a)     Kalimat singkat dan mudah dipahami

b)     Kalimat menarik

c)      Kalimat menjelaskan tujuan

d)     Kalimat bersifat persuasif

 

c.      POSTER

1)    Pengertian Poster

Poster merupakan media informasi yang berbentuk plakat (terdiri atas tulisan dan gambar) yang dipasang di tempat umum. Pada umumnya, ukuran poster cukup besar dengan warna yang mencolok agar dapat dilihat dari kejauhan dan menarik perhatian masyarakat. Poster hampir sama dengan iklan, digunakan sebagai alat untuk mengiklankan sesuatu, alat propaganda dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.

2)    Ciri Poster

Poster memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a)     Poster didesain dengan komposisi gambar dan tulisan

b)     Poster dibuat dengan warna yang mencolok

c)      Poster menggunakan bahasa yang singkat dan jelas

d)     Poster ditempel di tempat umum

e)     Poster dapat dibaca sambil lalu

f)       Poster dapat dicetak secara massal dalam ukuran apapun

 

d.     Fungsi  Iklan, Slogan, dan Poster

Secara umum, iklan, slogan, dan poster memiliki fungsi sebagai berikut.

1)     Sarana informasi

Fungsi tersebut mengarahkan untuk menyampaikan produk baru atau ciri-ciri produk yang diiklankan atau menyampaikan informasi mengenai suatu hal sejelas mungkin kepada masyarakat.

2)     Persuasi atau memengaruhi

Fungsi tersebut mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan, atau sebagai sarana mengajak  atau memengaruhi masyarakat untuk mengikuti apa yang diinginkan dalam iklan, slogan, dan poster.

3)     Sarana edukasi

Fungsi ini disampaikan dengan penggunaan kata, gerak, dan gambar  yang menarik dan bertujuan untuk memberikan ide atau materi yang mendidik masyarakat.

4)     Sarana mempopulerkan jati diri

Fungsi ini digunakan untuk memperkenalkan jati diri kepada masyarakat luas. Fungsi ini disebut juga dengan promosi.

 

2.     UNSUR IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

Dalam iklan, slogan, dan poster terdapat unsur-unsur yang membentuknya dan membedakan antara satu dengan lainnya. Unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

a)     Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

b)     Slogan merupakan teks persuasif yang mengutamakan unsur kata-kata.

c)      Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan unsur gambar dan kata-kata, dan dipasang di tempa umum.

Bentuk Teks

Unsur

Gambar

Kata-kata

Gerak

Suara

Iklan

Slogan

-

-

-

Poster

-

-

 

3.     UNSUR PEMBENTUK IKLAN

Unsur-unsur pembentuk iklan terdiri atas sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks. Penjelasan mengenai unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

a.       Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

b.      Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa  pesan verbal dan pesan nonverbal.

c.      Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

d.      Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi  sasaran atau objek iklan.

e.       Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam  aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

f.        Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki  dari penerima pesan.

 

4.     MENYIMPULKAN ISI IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Menyimpulkan isi iklan berarti menyarikan isi dari beberapa informasi yang ada dalam sebuah teks iklan. Langkah-langkah menyimpulkan teks iklan sebagai berikut.

a.       Bacalah dengan cermat pernyataan-pernyataan lengkap dengan gambar, gerak atau suara dalam teks iklan.

b.      Temukan ide pokok dalam teks iklan.

c.       Susunlah pernyataan berdasarkan ide pokok dengan kalimat sendiri.

Menyimpulkan isi teks slogan berbeda dengan menyimpulkan isi dari teks iklan. Berikut langkah-langkah menyimpulkan isi teks slogan sebagai berikut.

a.       Bacalah dengan cermat kalimat dalam teks slogan.

b.      Temukan ide pokok dalam teks slogan.

c.       Tulislah simpulan berdasarkan ide pokok dengan kalimat sendiri.

d.      Cocokkan kembali simpulan dengan isi slogan yang diamati.

Menyimpulkan isi dai teks poster hampir sama dengan cara menyimpukan isi dari teks iklan. Cara menyimpulkan isi teks poster sebagai berikut.

a.       Bacalah dengan cermat kalimat dalam teks poster.

b.      Temukan ide pokok dalam teks poster.

c.       Tulislah simpulan berdasarkan ide pokok dengan kalimat sendiri.

 

D.     CONTOH IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER




contoh iklan





contoh slogan



contoh poster




UJI KOMPETENSI 5


Cobalah kerjakan latihan tentang teks iklan, slogan, dan poster dengan klik link berikut!



TETAP SEMANGAT, SEMOGA SUKSES! 

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...