Kamis, 10 September 2020

TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER



PERTEMUAN 6

A.     KOMPETENSI DASAR

3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga atau memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

4.3  Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan atau tulis.

 

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks iklan, slogan, atau poster, siswa mampu

1.      Menentukan pola penyajian iklan, slogan, atau poster

2.      Menentukan struktur iklan.

 

C.      MATERI

1.     POLA PENYAJIAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

a.      Pola Penyajian Iklan

Iklan dapat kita lihat di berbagai tempat atau waktu. Iklan seringkali disampaikan dengan kreatif agar jasa atau barang yang ditawarkan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Iklan tersebut dapat dituangkan dalam berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

1)     Media Cetak

Iklan yang disampaikan lewat media cetak cukup beragam. Iklan dalam media cetak mengandalkan media gambar, warna, dan tulisan sebagai media yang menarik khalayak. Berdasarkan ruangnya, iklan di media dicetak dibedakan menjadi dua.

a)     Iklan baris

Iklan baris adalah ikan sederhana yang terdiri atas satu atau beberapa baris saja. Biasanya iklan ini disajikan khusus dalam kolom yang memuat iklan baris dalam media massa cetak, seperti koran. Iklan baris disajikan dalam bentuk singkatan karena ruang yang disediakan terbatas.



b)     Iklan kolom

Iklan kolom (display) adalah iklan yang menawarkan, mengajak, atau membujuk khalayak  agar membeli atau menggunakan produk atau barang yang ditawarkan. Iklan kolom terdiri atas ilustrasi (gambar, foto, atau bagan) disertai dengan kata-kata yang menjelaskan ilustrasi tersebut.


 

2)     Media Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang disampaikan melalui perangkat elektronik. Macam-macam iklan elektronik sebagai berikut.

a)    Iklan radio, yaitu iklan yang mengandalkan suara untuk menyampaikan isi iklan, baik itu berupa tuturan, musik, maupun bunyi-bunyi.

b)  Iklan televisi, yaitu iklan yang mengandalkan suara, tulisan, gambar, dan gerak untuk menyampaikan isi iklan.

c) Iklan film, yaitu iklan yang mengandalkan suara, tulisan, gambar, dan gerak yang disajikan dalam bentuk film untuk menyampaikan isi iklan. Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.

Selain berdasarkan media, iklan dapat dibedakan berdasarkan isinya. Menurut isinya, iklan dibedakan menjadi tiga, yaitu iklan pemberitahuan, layanan masyarakat dan penawaran.

1)     Iklan pemberitahuan

 Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu hal, seperti event, iklan berita duka, dan lain-lain.

2)     Iklan layanan masyarakat

Iklan ini bertujuan untuk memberikan suatu informasi berupa sosialisasi atau penjelasan kepada masyarakat mengenai topik tertentu. Contohnya, iklan keluarga berencana atau iklan untuk hidup sehat.

3)     Iklan penawaran

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat.

 

b.     Pola Penyajian Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat oleh orang yang membaca atau mendengarnya. Slogan ini lebih mengutamakan pada kedalaman makna suatu kalimat. Kata atau kalimat tersebut menarik minat atau perhatian masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tergerak untuk melakukan apa yang disampaikan lewat slogan tersebut. Slogan tidak hanya dapat dilihat pada ruang terbuka. Slogan juga dapa didengarkan melalui media elektronik.

 

c.      Pola Penyajian Poster

Poster merupakan media informasi yang berbentuk plakat (terdiri atas tulisan dan gambar) yang dipasang di tempat umum. Poster seringkali dijumpai di ruang terbuka. Biasanya ukuran poster dibuat besar dengan warna yang mencolok. Poster mengandalkan gambar dan tulisan untuk menarik perhatian masyarakat. Pola penyajian poster jarang ditemukan pada media elektronik.


2.      STRUKTUR IKLAN

Iklan memiliki struktur sebagai berikut.

a)     Pengenalan produk, yaitu bagian iklan yang berada paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang. Bagian ini adalah bagian yang paling penting. Akan tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul. Pada struktur ini juga dikenalkan nama produk atau jasa yang ditawarkan.

b)  Deskripsi, yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.

 



UJI KOMPETENSI



1.      Carilah satu contoh iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Tempelkan masing-masing iklan tersebut dalam buku tugas. Kemudian jelaskan maksud dari masing-masing iklan tersebut dalam format berikut!

No.

Iklan

Jenis iklan

Penjelasan

1.

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

2.      Carilah satu iklan tentang pendidikan, tempel di buku tugas. Kemudian jelaskan strukturnya!


Tugas di atas silakan dikirim ke link yang dibagikan digrup kelas.


SEMANGAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...