PERTEMUAN 6
A.
KOMPETENSI DASAR
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga atau memotivasi) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar.
4.3 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster secara lisan atau tulis.
B.
TUJUAN
Dengan mendengarkan atau membaca
teks iklan, slogan, atau poster, siswa
mampu
1.
Menentukan
pola penyajian iklan, slogan, atau poster
2.
Menentukan struktur iklan.
C.
MATERI
1.
POLA PENYAJIAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
a.
Pola Penyajian Iklan
Iklan
dapat kita lihat di berbagai tempat atau waktu. Iklan seringkali disampaikan
dengan kreatif agar jasa atau barang yang ditawarkan mendapat respon yang baik
dari masyarakat. Iklan tersebut dapat dituangkan dalam berbagai media, baik cetak
maupun elektronik.
1)
Media Cetak
Iklan yang disampaikan lewat
media cetak cukup beragam. Iklan dalam media cetak mengandalkan media gambar,
warna, dan tulisan sebagai media yang menarik khalayak. Berdasarkan ruangnya,
iklan di media dicetak dibedakan menjadi dua.
a)
Iklan baris
Iklan baris adalah ikan sederhana
yang terdiri atas satu atau beberapa baris saja. Biasanya iklan ini disajikan
khusus dalam kolom yang memuat iklan baris dalam media massa cetak, seperti
koran. Iklan baris disajikan dalam bentuk singkatan karena ruang yang disediakan
terbatas.
b)
Iklan kolom
Iklan kolom (display) adalah
iklan yang menawarkan, mengajak, atau membujuk khalayak agar membeli atau menggunakan produk atau
barang yang ditawarkan. Iklan kolom terdiri atas ilustrasi (gambar, foto, atau
bagan) disertai dengan kata-kata yang menjelaskan ilustrasi tersebut.
2)
Media Elektronik
Iklan elektronik merupakan iklan
yang disampaikan melalui perangkat elektronik. Macam-macam iklan elektronik
sebagai berikut.
a) Iklan radio, yaitu iklan yang
mengandalkan suara untuk menyampaikan isi iklan, baik itu berupa tuturan, musik,
maupun bunyi-bunyi.
b) Iklan televisi, yaitu iklan yang
mengandalkan suara, tulisan, gambar, dan gerak untuk menyampaikan isi iklan.
c) Iklan film, yaitu iklan yang mengandalkan
suara, tulisan, gambar, dan gerak yang disajikan dalam bentuk film untuk menyampaikan
isi iklan. Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.
Selain
berdasarkan media, iklan dapat dibedakan berdasarkan isinya. Menurut isinya, iklan
dibedakan menjadi tiga, yaitu iklan pemberitahuan, layanan masyarakat dan
penawaran.
1)
Iklan pemberitahuan
Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat
tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu hal, seperti event, iklan berita duka, dan lain-lain.
2)
Iklan layanan masyarakat
Iklan ini bertujuan untuk memberikan suatu informasi berupa
sosialisasi atau penjelasan kepada masyarakat mengenai topik tertentu. Contohnya, iklan keluarga berencana atau
iklan untuk hidup sehat.
3)
Iklan penawaran
Iklan ini bertujuan untuk menawarkan barang atau
jasa kepada masyarakat.
b.
Pola Penyajian Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek
yang menarik atau mencolok dan mudah diingat oleh orang yang membaca atau
mendengarnya. Slogan ini lebih mengutamakan pada kedalaman makna suatu kalimat.
Kata atau kalimat tersebut menarik minat atau perhatian masyarakat. Dengan demikian,
masyarakat tergerak untuk melakukan apa yang disampaikan lewat slogan tersebut.
Slogan tidak hanya dapat dilihat pada ruang terbuka. Slogan juga dapa
didengarkan melalui media elektronik.
c.
Pola Penyajian Poster
Poster merupakan media informasi yang berbentuk plakat (terdiri
atas tulisan dan gambar) yang dipasang di tempat umum. Poster seringkali dijumpai
di ruang terbuka. Biasanya ukuran poster dibuat besar dengan warna yang mencolok.
Poster mengandalkan gambar dan tulisan untuk menarik perhatian masyarakat. Pola
penyajian poster jarang ditemukan pada media elektronik.
2.
STRUKTUR IKLAN
Iklan memiliki struktur sebagai berikut.
a) Pengenalan produk, yaitu bagian iklan yang berada paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang. Bagian ini adalah bagian yang paling penting. Akan tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul. Pada struktur ini juga dikenalkan nama produk atau jasa yang ditawarkan.
b) Deskripsi, yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang
ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik cara mendapat produk
tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.
1.
Carilah satu contoh iklan
pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Tempelkan masing-masing
iklan tersebut dalam buku tugas. Kemudian jelaskan maksud dari masing-masing
iklan tersebut dalam format berikut!
No. |
Iklan |
Jenis iklan |
Penjelasan |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
2.
Carilah satu iklan tentang
pendidikan, tempel di buku tugas. Kemudian jelaskan strukturnya!
Tugas di atas silakan dikirim ke link yang dibagikan digrup kelas.
SEMANGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar