Senin, 25 Januari 2021

TEKS PERSUASIF 3


PERTEMUAN 3

A.     KOMPETENSI DASAR

3.5 Menelaah  struktur  dan  kebahasaan teks   persuasi   yang   berupa   saran, ajakan,   dan   pertimbangan   tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan   hidup,   kondisi   sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai  sumber  yang  didengar  dan dibaca.

4.5 Menyajikan    teks    persuasi    (saran, ajakan,   arahan,   dan   pertimbangan) secara     tulis     dan     lisan     dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.

 

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks persuasi siswa mampu

1.      Mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks persuasif dengan tepat.

 

C.     MATERI

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PERSUASI

Teks persuasif memiliki beberapa kaidah kebahasaan yang membedakannya dengan teks yang lain. Kaidah kebahasaan tersebut dijelaskan seperti berikut.

1.      Menggunakan pernyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, imbauan atau dorongan. Dalam kalimat tersebut menggunakna kata harus, seharusnya, hendaknya, sebaiknya, janganlah, dan kata bujukan lainnya.

2.      Menggunakan kata ganti kita.

Penggunaan kata ganti kita ini bertujuan untuk memberikan kesan yang kuat kepada pembaca. Seolah-olah penulis dan pembaca memiliki kepentingan yang sama.

3.      Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan.

Kata teknis yang digunakan harus relevan dengan tema yang dibahas. Misal yang dibahas tentang lingkungan, maka kata teknis yang bisa digunakan antara lain, ekosistem,  

4.      Menggunakan kata hubung argumentatif.

Kata hubung argumentatif adalah kata hubung yang meunjukkan Contoh kata hubung argumentatif adalah sebab, karena, jika, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.

5.      Menggunakan kata kerja mental.

Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan hasil dari aktifitas berpikir. Kata kerja mental, misalnya menduga, memperkirakan, memikirkan, menyimpulkan, berpendapat, berasumsi,…, dan lainnya.

6.      Menggunakan kata perujukan.

Kata perujukan yang biasanya digunakan, seperti berdasarkan pendapat…, merujuk pada data …, dan lainnya. Kata perujukan ini berfungsi untuk memperkuat pendapat atau bujukan penulis yang disampaikan dalam teks persuasif.

7.      Terdapat kalimat yang menunjukkan fakta dan pendapat.

 

UJI KOMPETENSI 2 TEKS PERUASIF

1.      Buatlah kelompok secara berpasangan dengan temanmu!

2.      Bacalah kembali teks persuasif berikut dengan cermat!

WASPADA BENCANA ALAM DI KAWASAN CINCIN API

Indonesia terletak di tengah-tengah zamrud khatulistiwa yang memberikan banyak kelebihan. Tanah di sini subur, hampir semua tanaman produktif yang diminati pasar konsumsi dapat tumbuh di sini. Namun dibalik keunggulan itu terdapat risiko yang harus dihadapi pula jika membicarakan letak geografis kepulauan republik Indonesia.

Wilayah negara kita juga berada di wilayah yang dikenal dengan nama ring of fire atau cincin api. Ring of fire adalah wilayah pusat gempa dan gunung berapi yang melingkari Samudera Pasifik. Ya, Indonesia dilingkari oleh wilayah tersebut. Sehingga meskipun gunung berapi memberikan kita tanah yang subur, risiko bencana alam yang kita hadapi juga lebih besar.

Oleh karena itu merupakan suatu kewajiban bagi kita semua, sebagai masyarakat yang berada di wilayah geografis cincin api ini untuk selalu waspada dan memiliki kesiapan untuk menghadapi berbagai bencana alam yang rentan melanda rumah kita.

Pertimbangannya banyak melibatkan berbagai pendapat yang sebetulnya sudah diutarakan oleh berbagai pihak. Baik pihak ahli dari lembaga penelitian dari berbagai universitas maupun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Contohnya bagaimana BMK rutin menggelar forum informasi cuaca iklim dan gempa bumi.

Bahkan di beberapa daerah yang memang memiliki histori patahan gempa yang cukup berisiko tinggi mereka akan menyosialisasikan perihal antisipasi gempa dan bencana alam pada warga sekitar yang tinggal di zona rawan. Misalnya, seperti di kawasan Lembang dan Cimahi, Jawa Barat di mana di sekitar sana terdapat patahan Lembang yang merupakan patahan geser aktif dan berpotensi menghasilkan gempa yang dahsyat.

Pengusaha, perusahaan dan berbagai lembaga komersial lainnya pun selalu diminta untuk mematuhi protokol keamanan dalam membuka usaha di kawasan dengan risiko bencana. Caranya adalah dengan membangun bangunan anti gempa, memiliki kawasan berkumpul bencana, dan menyediakan berbagai pintu, tangga, dan peralatan antisipasi bencana lainnya.

Rasanya sudah sangat wajar kalau kita harus ikut berperan dalam mengantisipasi menghadapi risiko bencana ini. Pemerintah mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kita, tetapi kita juga harus mampu secara mandiri mempersiapkan berbagai hal yang tak terduga.

Siap dan tanggap terhadap bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pengarung cincin api dunia. Kita harus selalu melek akan berbagai informasi dan sosialisasi yang rutin diadakan oleh BMKG, mencoba mengaplikasikan bangunan anti gempa jika mampu, dan memilih kawasan yang cenderung lebih aman dan jauh dari patahan aktif jika memungkinkan.

Sekali lagi, melek terhadap informasi mengenai bencana alam adalah peta kita untuk menjalani penjelajahan cincin api. Selalu bersiap, tanggap dan cermat terhadap risiko bencana alam adalah salah satu perlengkapan hidup kita di negeri yang subur namun tetap menyibak misteri kemarahan alam di dalamnya.

https://serupa.id/contoh-teks-persuasif-beserta-strukturnya-berbagai-topik/

 

3.      Tunjukkanlah kaidah kebahasaan yang ada dalam teks persuasif tersebut sesuai tabel berikut!

Aspek kebahasaan

 

Bukti kalimat

 

Bujukan

 

 

Pendapat

 

 

Fakta

 

 

Kata teknis

 

 

Konjungsi argumentatif

 

 

Kata kerja mental

 

 

Kata perujukan

 

 

Simpulan

 

 

 

 

 

 

4.      Hasil tugas dikirimkan melalui link berikut

8A    https://forms.gle/knkqFoYRFAdNdBKs6

8B    https://forms.gle/y7Bbt7BLJk9j7KRx7

8C    https://forms.gle/2JteVopSqxBum3nG8

8D    https://forms.gle/NYz6qFPFBNXyNVxx9

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...