Senin, 18 Januari 2021

TEKS PERSUASIF 2


A.     KOMPETENSI DASAR

3.5  Menelaah  struktur  dan  kebahasaan teks   persuasi   yang   berupa   saran, ajakan,   dan   pertimbangan   tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan   hidup,   kondisi   sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai  sumber  yang  didengar  dan dibaca.

4.5  Menyajikan    teks    persuasi    (saran, ajakan,   arahan,   dan   pertimbangan) secara     tulis     dan     lisan     dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.

 

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks persuasi siswa mampu

1.      Menentukan simpulan isi teks persuasif dengan tepat.

2.      Mengidentifikasi struktur teks persuasi  dengan tanggung jawab.

 

C.      MATERI

SIMPULAN ISI TEKS PERSUASI

Untuk memahami isi teks persuasif, perlu ditentukan simpulkn isi teks tersebut terlebih dahulu. Simpulan merupakan rumusan akhir dari teks tersebut. Simpulan diambil dari keseluruhan isi teks yang memiliki bagian-bagian penting. Isi simpulan dari teks persuasif berupa maksud ajakan dan teks tersebut bertujuan untuk mengajak pada suatu hal.

Keberadaan buku elektronik baik, namun tidak dapat diterapkan di semua wilayah. Buku fisik masih lebih efektif selama fasilitas belum merata. Oleh sebab itu, salurkan buku-buku fisik ke daerah dengan akses terbatas. Dorong pemerintah memenuhi kebutuhan buku dengan merata. Mari sama-sama memajukan dunia literasi Indonesia.

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/19/172256669/contoh-teks-persuasi-tentang-pendidikan-dan-lingkungan?page=all)

Simpulan teks persuasif tersebut berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca untuk membantu mensukseskan program literasi dengan cara menyalurkan buku-buku fisik ke daerah yang masih terbatas aksesnya.

 

STRUKTUR TEKS PERUASIF

Setiap teks tentu memiliki struktur masing-masing yang mneyusunnya mnejadi sebuha teks yang runtut dan padu. Begitu juga dengan teks persuasif.  Teks persuasif memiliki struktur sebagai berikut.



v 
Pengenalan isu adalah bagian teks persuasif yang berada di awal teks. Bagian ini berisi tentang pengantar atau penyampaian masalah yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya secara umum.

v  Argumen adalah bagian teks perusasif yang bersi sejumlah pendapat penulis mengenai masalah yang dibahas. Di bagian ini juga disertakan fakta-fakta seputar masaah yang dibahas yang berfungsi untuk menguatkan pendapat penulis.

v  Pernyataan ajakan adalah bagian teks persuasif yang berisi ajakan oleh penulis kepada pembaca terkait masalah yang dibahas. Ajakan atau dorongan dapat disampaikan secara tersurat atau tersirat.

v  Penegasan ulang adalah bagian teks persuasif yang berisi penegasan kembali pernyatan-pernyataan yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Biasanya disertai dengan kata demikianlah, dengan demikian, oleh karena itu.

 

CONTOH TEKS PERSUASIF

 

WASPADA BENCANA ALAM DI KAWASAN CINCIN API

 

Pengenalan isu

Indonesia terletak di tengah-tengah zamrud khatulistiwa yang memberikan banyak kelebihan. Tanah di sini subur, hampir semua tanaman produktif yang diminati pasar konsumsi dapat tumbuh di sini. Namun dibalik keunggulan itu terdapat risiko yang harus dihadapi pula jika membicarakan letak geografis kepulauan republik Indonesia.

Wilayah negara kita juga berada di wilayah yang dikenal dengan nama ring of fire atau cincin api. Ring of fire adalah wilayah pusat gempa dan gunung berapi yang melingkari Samudera Pasifik. Ya, Indonesia dilingkari oleh wilayah tersebut. Sehingga meskipun gunung berapi memberikan kita tanah yang subur, risiko bencana alam yang kita hadapi juga lebih besar.

Oleh karena itu merupakan suatu kewajiban bagi kita semua, sebagai masyarakat yang berada di wilayah geografis cincin api ini untuk selalu waspada dan memiliki kesiapan untuk menghadapi berbagai bencana alam yang rentan melanda rumah kita.

 

Rangkaian Argumen

Pertimbangannya banyak melibatkan berbagai pendapat yang sebetulnya sudah diutarakan oleh berbagai pihak. Baik pihak ahli dari lembaga penelitian dari berbagai universitas maupun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Contohnya bagaimana BMK rutin menggelar forum informasi cuaca iklim dan gempa bumi.

Bahkan di beberapa daerah yang memang memiliki histori patahan gempa yang cukup berisiko tinggi mereka akan menyosialisasikan perihal antisipasi gempa dan bencana alam pada warga sekitar yang tinggal di zona rawan. Misalnya, seperti di kawasan Lembang dan Cimahi, Jawa Barat di mana di sekitar sana terdapat patahan Lembang yang merupakan patahan geser aktif dan berpotensi menghasilkan gempa yang dahsyat.

Pengusaha, perusahaan dan berbagai lembaga komersial lainnya pun selalu diminta untuk mematuhi protokol keamanan dalam membuka usaha di kawasan dengan risiko bencana. Caranya adalah dengan membangun bangunan anti gempa, memiliki kawasan berkumpul bencana, dan menyediakan berbagai pintu, tangga, dan peralatan antisipasi bencana lainnya.

 

Pernyataan Ajakan

Rasanya sudah sangat wajar kalau kita harus ikut berperan dalam mengantisipasi menghadapi risiko bencana ini. Pemerintah mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kita, tetapi kita juga harus mampu secara mandiri mempersiapkan berbagai hal yang tak terduga.

Siap dan tanggap terhadap bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pengarung cincin api dunia. Kita harus selalu melek akan berbagai informasi dan sosialisasi yang rutin diadakan oleh BMKG, mencoba mengaplikasikan bangunan anti gempa jika mampu, dan memilih kawasan yang cenderung lebih aman dan jauh dari patahan aktif jika memungkinkan.

 

Penegasan kembali

Sekali lagi, melek terhadap informasi mengenai bencana alam adalah peta kita untuk menjalani penjelajahan cincin api. Selalu bersiap, tanggap dan cermat terhadap risiko bencana alam adalah salah satu perlengkapan hidup kita di negeri yang subur namun tetap menyibak misteri kemarahan alam di dalamnya.

https://serupa.id/contoh-teks-persuasif-beserta-strukturnya-berbagai-topik/


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...