A.
KOMPETENSI DASAR
3.5 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks persuasi yang
berupa saran, ajakan, dan
pertimbangan tentang berbagai
permasalahan aktual (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari
berbagai sumber yang
didengar dan dibaca.
4.5 Menyajikan
teks persuasi (saran, ajakan, arahan,
dan pertimbangan) secara tulis
dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,
atau aspek lisan.
B.
TUJUAN
Dengan mendengarkan atau membaca
teks persuasi siswa mampu
1.
Menentukan
simpulan isi teks persuasif dengan tepat.
2.
Mengidentifikasi
struktur teks persuasi dengan tanggung
jawab.
C.
MATERI
SIMPULAN ISI TEKS PERSUASI
Untuk memahami isi teks persuasif, perlu
ditentukan simpulkn isi teks tersebut terlebih dahulu. Simpulan merupakan
rumusan akhir dari teks tersebut. Simpulan diambil dari keseluruhan isi teks
yang memiliki bagian-bagian penting. Isi simpulan dari teks persuasif berupa
maksud ajakan dan teks tersebut bertujuan untuk mengajak pada suatu hal.
Keberadaan
buku elektronik baik, namun tidak dapat diterapkan di semua wilayah. Buku fisik
masih lebih efektif selama fasilitas belum merata. Oleh sebab itu, salurkan
buku-buku fisik ke daerah dengan akses terbatas. Dorong pemerintah memenuhi
kebutuhan buku dengan merata. Mari sama-sama memajukan dunia literasi Indonesia.
(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/19/172256669/contoh-teks-persuasi-tentang-pendidikan-dan-lingkungan?page=all)
Simpulan teks persuasif tersebut berisi
ajakan atau bujukan kepada pembaca untuk membantu mensukseskan program literasi
dengan cara menyalurkan buku-buku fisik ke daerah yang masih terbatas aksesnya.
STRUKTUR TEKS PERUASIF
Setiap teks
tentu memiliki struktur masing-masing yang mneyusunnya mnejadi sebuha teks yang
runtut dan padu. Begitu juga dengan teks persuasif. Teks persuasif memiliki struktur sebagai
berikut.
v Pengenalan isu adalah bagian teks persuasif yang berada
di awal teks. Bagian ini berisi tentang pengantar atau penyampaian masalah yang
akan dibahas pada paragraf selanjutnya secara umum.
v Argumen adalah bagian teks perusasif yang bersi sejumlah
pendapat penulis mengenai masalah yang dibahas. Di bagian ini juga disertakan
fakta-fakta seputar masaah yang dibahas yang berfungsi untuk menguatkan
pendapat penulis.
v Pernyataan ajakan adalah bagian teks persuasif yang
berisi ajakan oleh penulis kepada pembaca terkait masalah yang dibahas. Ajakan atau
dorongan dapat disampaikan secara tersurat atau tersirat.
v Penegasan ulang adalah bagian teks persuasif yang berisi
penegasan kembali pernyatan-pernyataan yang sudah dijelaskan pada bagian
sebelumnya. Biasanya disertai dengan kata demikianlah, dengan demikian, oleh
karena itu.
CONTOH TEKS PERSUASIF
WASPADA BENCANA ALAM DI KAWASAN CINCIN API
Pengenalan
isu
Indonesia terletak di
tengah-tengah zamrud khatulistiwa yang memberikan banyak kelebihan. Tanah di
sini subur, hampir semua tanaman produktif yang diminati pasar konsumsi dapat
tumbuh di sini. Namun dibalik keunggulan itu terdapat risiko yang harus
dihadapi pula jika membicarakan letak geografis kepulauan republik Indonesia.
Wilayah negara kita juga
berada di wilayah yang dikenal dengan nama ring of fire atau
cincin api. Ring of fire adalah wilayah pusat gempa dan gunung
berapi yang melingkari Samudera Pasifik. Ya, Indonesia dilingkari oleh wilayah
tersebut. Sehingga meskipun gunung berapi memberikan kita tanah yang subur,
risiko bencana alam yang kita hadapi juga lebih besar.
Oleh karena itu merupakan
suatu kewajiban bagi kita semua, sebagai masyarakat yang berada di wilayah
geografis cincin api ini untuk selalu waspada dan memiliki kesiapan untuk
menghadapi berbagai bencana alam yang rentan melanda rumah kita.
Rangkaian
Argumen
Pertimbangannya banyak
melibatkan berbagai pendapat yang sebetulnya sudah diutarakan oleh berbagai
pihak. Baik pihak ahli dari lembaga penelitian dari berbagai universitas maupun
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Contohnya bagaimana
BMK rutin menggelar forum informasi cuaca iklim dan gempa bumi.
Bahkan di beberapa daerah
yang memang memiliki histori patahan gempa yang cukup berisiko tinggi mereka
akan menyosialisasikan perihal antisipasi gempa dan bencana alam pada warga
sekitar yang tinggal di zona rawan. Misalnya, seperti di kawasan Lembang dan Cimahi,
Jawa Barat di mana di sekitar sana terdapat patahan Lembang yang merupakan
patahan geser aktif dan berpotensi menghasilkan gempa yang dahsyat.
Pengusaha, perusahaan dan
berbagai lembaga komersial lainnya pun selalu diminta untuk mematuhi protokol keamanan
dalam membuka usaha di kawasan dengan risiko bencana. Caranya adalah dengan
membangun bangunan anti gempa, memiliki kawasan berkumpul bencana, dan
menyediakan berbagai pintu, tangga, dan peralatan antisipasi bencana lainnya.
Pernyataan
Ajakan
Rasanya sudah sangat wajar
kalau kita harus ikut berperan dalam mengantisipasi menghadapi risiko bencana
ini. Pemerintah mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan
kita, tetapi kita juga harus mampu secara mandiri mempersiapkan berbagai hal yang
tak terduga.
Siap dan tanggap terhadap
bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pengarung cincin
api dunia. Kita harus selalu melek akan berbagai informasi dan sosialisasi yang
rutin diadakan oleh BMKG, mencoba mengaplikasikan bangunan anti gempa jika
mampu, dan memilih kawasan yang cenderung lebih aman dan jauh dari patahan
aktif jika memungkinkan.
Penegasan
kembali
Sekali lagi, melek terhadap
informasi mengenai bencana alam adalah peta kita untuk menjalani penjelajahan
cincin api. Selalu bersiap, tanggap dan cermat terhadap risiko bencana alam
adalah salah satu perlengkapan hidup kita di negeri yang subur namun tetap
menyibak misteri kemarahan alam di dalamnya.
https://serupa.id/contoh-teks-persuasif-beserta-strukturnya-berbagai-topik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar