Jumat, 20 November 2020

TEKS EKSPLANASI



PERTEMUAN 12

 

A.     KOMPETENSI DASAR

3.4  Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

4.4  Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

B.     TUJUAN

Dengan mendengarkan atau membaca teks eksplanasi, siswa mampu

1.      Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat.

 

C.      MATERI

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI

Bacalah cuplikan teks berikut!


Setelah kalian membaca cuplikan teks tersebut, kalian akan menjumpai beberapa kata yang mungkin terdengar asing atau jarang digunakan dalam keseharian. Kata tersebut digunakan sesuai dengan tema yang dibahas dalam teks eksplanasi. Beberapa kata yang digunakan merupakan kaidah kebahasaan yang ada dalam teks eksplanasi.

 

Kaidah kebahasaan yang ada pada teks eksplansi ada 4 macam.



1.      Menggunakan konjungsi kausalitas

Konjungsi kausalitas merupakan kata hubung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata-kata yang termasuk dalam konjungsi kausalitas, antara lain sebab, karena, oleh, sebab itu, karena itu, sehingga

Contoh:

v  Hujan deras yang mengguyur Desa Makmur tadi malam menyebabkan air sungai meluap setinggi 1 meter. Rumah warga yang terletak di sekitar sungai pun terendam banjir.

v  Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

 

2.      Menggunakan konjungsi kronologis

Konjungsi kronologis merupakan kata hubung yang menunjukkan hubungan waktu. Kata-kata yang termasuk dalam konjungsi kronologis, seperti kemudian, lalu, pada akhirnya, setelah itu.

Contoh:

v  Disaat itu juga akan muncul gas yang akan bercampur dengan magma. Magma yang keluar saat gunung meletus terbentuk di kedalaman 60-160 KM dibawah permukaan bumi. Lalu gas yang bercampur dengan magma tersebut berada dibawah tekanan batuan-batuan padat yang ada disekitar kawah.

 

3.      Menggunakan kata benda yang merujuk pada jenis fenomena

Kata benda yang dimaksud adalah kata benda tersebut merujuk pada jenis fenomena, bukan pada pencerita. Kata ganti tersebut misalnya, banjir, gempa bumi, gunung meletus, kesenian daerah, dan sebagainya.

Contoh :

v  Selain sejumlah tempat yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain, banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai.

 

4.      Menggunakan kata teknis

Kata teknis disebut juga dengan kata istilah. Kata teknis adalah kata yang digunakan dalam topik tertentu. Kata-kata tersebut tidak akan cocok jika digunakan pada topik yang lain.

Contoh:

v  Gunung meletus terjadi karena adanya endapan magma yang ada di perut bumi kemudian disemburkan oleh gas dengan kekuatan besar. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat dan memakan banyak korban jiwa. Beberapa gunung berapi di Indonesia adalah Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Toba, Gunung Kerinci, Gunung Tambora, dan masih banyak lagi yang lainnya.

UJI KOMPETENSI

Cobalah kerjakan latihan soal dengan klik link berikut!




8D https://forms.gle/BTLoxzssuYK43u8D9


 

SEMANGAT, SEMOGA SUKSES

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

PERTEMUAN 4 (MATERI TAMBAHAN) A.      KOMPETENSI DASAR 3.7   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan...